Entri Populer

Sabtu, 20 November 2010

PULAU BUNYU yang ku tahu.......



PULAU BUNYU...yang ku tau sangat indah....pulau yang bersebelahan dengan pulau TARAKAN ini dihuni oleh bermacam2 suku bangsa.hidup rukun dan damai adalah salah satu cara hidup masyarakat pulau bunyu ini.pulau bunyu juga mempunyai pantai yang indah ( maklum pulau ini di kelilingi beberapa pantai...piss bro ).saat ini penduduknya ada yang bekerja di perusahaan2 pertambangan dan mencari nafkah pada alam....yang jelas berjuta kenangan gwe ada di pulau kecil nan indah ini...kalau anda ingin menenangkan diri sejenak dari hiruk pikuknya kota dan bosannya rutinitas pekerjaan,datang aja ke sini,sekedar refreshing...atau apalah...dijamin STRESS anda akan hilang dalam sejenak.....wkwkwkwkwkwkwk...i love you bunyu...( jejak langkah...sabtu 21/11/10 ).


THE HISTORY OF BUNYU

Bunyu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kecamatan ini beribukota di Bunyu, dengan luas wilayah 198,32 km² serta berjarak ± 60 km dari ibukota kecamatan ke Tanjung Selor. Untuk mencapai kecamatan ini, dapat pula melalui Pulau Tarakan ±1 jam perjalanan dengan speed boat berpenumpang 60 orang.[1]
Topografis

Secara umum wilayah Bunyu terdiri dari daerah datar dan sebagaiannya dataran tinggi dengan tingkat kemiringan sedang.
Akses dari Ibukota

Karena Kecamatan ini berupa pulau, maka seluruh desa yang ada aksesibilitasnya bisa ditempuh dengan kendaraan darat dan sarana transportasi dalam kotanya pun juga cukup mudah dan bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Sedangkan perjalanan ke ibukota Kabupaten Bulungan (Tanjung Selor) hanya bisa ditempuh melalui jalur laut, menggunakan angkutan speedboat dengan lama perjalanan sekitar 2 jam.
Demografis

Secara demografis Kecamatan Bunyu memiliki jumlah penduduk 9.810 jiwa, terdiri dari laki-laki sebanyak 5.214 jiwa dan perempuan 4.656 jiwa. Dari sejumlah penduduk itu, klasifikasi dewasa 6.603 jiwa dan anak-anak 3.267 jiwa, dengan tingkat kepadatan mencapai 49,47 jiwa/km².
Sosial Budaya

Masyarakat di Bunyu cukup beranekaragam, bagian terbesarnya adalah pendatang yang berasal dari Jawa maupun Sulawesi. Sedangkan suku aslinya adalah masyarakat Suku Tidung, dengan komposisi Suku Jawa 26,85 %, Bugis 25,11 %, Tidung 11,29 %, Banjar 9,97 % dan suku lainnya 26,78 %.

Berdasarkan agama yang dianut masyarakatnya pun juga beragam, meliputi: Islam 87,67%, Kristen Protestan/Katolik 12,13%, Hindu 0,03%, serta Budha 0,17%. Dengan Sarana ibadah yang ada di wilayah ini terdiri dari mesjid 14 buah, langgar/mushalla 4 buah dan gereja 5 buah serta vihara 1 buah. Dengan keanekaragaman tersebut, maka secara budaya dan adat istiadat pun juga beragama. Masing-masing suku yang ada secara khas menampilkan budayanya masing-masing, seperti Jawa, Bugis, Banjar, Tidung maupun lainnya.

Sebagian masyarakatnya bekerja sebagai tenaga kerja/karyawan di PT Pertamina EP Bunyu dan PT Medco Methanol Bunyu, PNS, petani kebun dan bagian terbesarnya menjadi nelayan.
Informasi Umum

Pulau Bunyu adalah pulau yang menarik. Ada pabrik Methanol milik Pertamina yang dikelola oleh Medco E&P Indonesia (milik pengusaha nasional Arifin Panigoro) di pulau tersebut. Selain itu Pertamina E&P (Hulu) juga telah lebih dari dari 40 tahun melakukan aktivitas eksplorasi dan eksploitasi migas di pulau tersebut.

Sebagai sebuah Kota Kecamatan, kota ini relatif kecil. Penduduknya mungkin hanya sekitar 10 ribu jiwa saja. Sebagian besar adalah etnis pendatang yaitu Bugis dan Jawa. Penduduk aslinya, suku Tidung umumnya berdiam di sekitar Pangkalan dan Bangsal Tengah, nama wilayah kecil di barat pulau tersebut.

Terdapat hotel kelas Melati di sekitar Pangkalan. Namun bagi anda yang menjadi tamu Medco atau Pertamina dapat tinggal di Mess perusahaan tersebut dengan fasilitas yang cukup memadai. Walaupun hanya sebuah kecamatan kecil, namun sudah banyak memberikan prestasi yang cukup gemilang, baik itu dibidang keagamaan, kesenian, pendidikan, maupun olahraga. Karena faktor bercampur baurnya masyarakat asli pulau Bunyu dengan pendatang dari luar, maka tidak heran kalau kehidupan masyarakatnya pun dapat dianggap modern, dimana dapat dilihat dari cara berpikir masyarakatnya dan juga pola kehidupannya yang cukup terpengaruh oleh zaman modern yang kemungkinan didukung oleh fasilitas fasilitas yang lumayan memadai untuk sebuah pulau kecil. Adanya warnet yang tersedia juga membuka kesempatan masyarakatnya untuk berbaur dengan dunia maya. Perpustakaan perpustakaan yang tersedia untuk umumpun jg dpt berpengaruh kepada pemikiran masyarakatnya.
Komoditi Khas

* Salak, ikan (basah dan kering)
* Komoditi olahan hasil pertanian dan perikanan lainnya
Obyek Wisata

* Pantai Nibung
* Pantai Sei Kura
* Pantai Batu Lumampu

* Pantai Tambak
* Padang Golf
* Pabrik Produksi Minyak dan Gas

* Pulau Burung
* Telaga Patra Gunung Panjang
* Air terjun Kilo 17

Potensi

* Batu Bara
* Minyak dan gas
* Perikanan dan kelautan

( sumber WIKIPEDIA...theklinx.blogspot.com )

3 komentar: